BAB
5
SUMBER DAYA EKONOMI DAN PENGETAHUAN
- pengertian sumber daya ekonomi
Potensi
sumberdaya ekonomi atau lebih dikenal dengan potensi ekonomi pada
dasarnya dapat diartikan sebagai sesuatu atau segala sesuatu sumberdaya
yang dimiliki baik yang tergolong pada sumberdaya alam (natural
resources/endowment factors) maupun potensi sumberdaya manusia yang
dapat memberikan manfaat (benefit) serta dapat digunakan sebagai modal
dasar pembangunan (ekonomi) wilayahtingkat ketergantungan terhadap
sumberdaya secara struktural harus bisa dialihkan pada sumberdaya alam
lain. Misalnya, penggunaan energi sinar matahari, panas bumi, atau
gelombang laut termasuk angin, akan dapat mengurangi ketergantungan
manusia terhadap sumberdaya alam yang tidak dapat diperbarui. Kategori
sumberdaya alam ini tergolong sumberdaya alam yang bisa habis dalam
jangka pendek jika digunakan dan dicemari secara cepat, namun demikian
lambat laun akan dapat diganti melalui proses alamiah misalnya ;
pohon-pohon di hutan, rumput di padang rumput, deposit air tanah, udara
segar dan lain-lain Sumberdaya alam ini keberadaannya harus dimanfaatkan
seoptimal mungkin dalam kerangka untuk mendorong, mempercepat dan
menunjang proses pembangunan wilayah (daerah).
Disamping komponen sumberdaya alam, pada saat ini peranan sumberdaya
manusia (human resources) dalam konteks kegiatan pembangunan ekonomi
termasuk pembangunan ekonomi daerah (wilayah) semakin signifikan. Faktor
sumberdaya manusia ini telah menghadirkan suatu proses pemikiran baru
dalam telaah teori-teori pembangunan ekonomi, yang menempatkan
sumberdaya manusia sebagai poros utama pembangunan ekonomi baik dalam
skala global, nasional maupun daerah.
5.2 Sumber daya sementara
Sumber daya sementara adalah sumber daya yang bersifat sementara.
Dengan memahami perilaku konsumen akan keterbatasan sumber waktu dan
uang.
5.3 Sumber Daya Kognitif
Pengertian sumber daya kognitif adalah kemampuan untuk secara lebih
tepat merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logis dalam
representasi konsep yang berdasar pada kenyataan.
5.4 Kandungan Pengetahuan :
Pengetahuan konsumen akan mempengaruhi keputusan pembelian.Pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk, serta pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.
Pengetahuan Konsumen terbagi kedalam tiga macam :
1. Pengetahuan Produk
2. Pengetahuan Pembelian
3. Pengetahuan Pemakaian
5.5 Organisasi pengetahuan
Pengetahuan Konsumen akan Mempengaruhi Keputusan Pembelian
Apa
yang dibeli, berapa banyak yang dibeli, dimana membeli dan kapan
membeli akan tergantung kepada pengetahuan konsumen mengenai hal-hal
tersebut. Pengetahuan Konsumen adalah semua informasi yang dimiliki
konsumen mengenai berbagai macam produk, serta pengetahuan lainnya yang
terkait dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai
konsumen.
(1) Pengetahuan tentang karakteristik/atribut produk
(2) Pengetahuan tentang manfaat produk
(3) Pengetahuan tentang kepuasan yg diberikan produk kepada konsumen.
(1) Manfaat Fungsional, yaitu manfaat yg dirasakan konsumen secara fisiologis
(2) Manfaat Psikososial, yaitu aspek psikologis dan aspek sosial yang dirasakan konsumen setelah mengkonsumsi suatu produk
5.6 Mengukur pengetahuan
Menurut
teori Lawrence Green (dalam Notoatmodjo, 2007) bahwa perilaku seseorang atau
masyarakat tentang kesehatan ditentukan oleh pengetahuan, sikap, kepercayaan
dan tradisi sebagai faktor predisposisi disamping factor pendukung seperti
lingkungan fisik, prasarana atau faktor pendorong yaitu sikap dan prilaku
petugas kesehatan atau petugas lainnya.
Pengukuran
pengetahuan menurut Arikunto (2006), dapat dilakukan dengan wawancara atau
angket yang menanyakan tentang isi materi yang ingin diukur dengan objek
penelitian atau responden. Data yang bersifat kualitatif di gambarkan dengan
kata-kata, sedangkan data yang bersifat kuantitatif terwujud angka-angka, hasil
perhitungan ataupengukuran, dapat diproses dengan cara dijumlahkan,
dibandingkan dengan jumlah yang diharapkan dan diperoleh persentase, setelah
dipersentasekan lalu ditafsirkankedalam kalimat yang bersifat kualitatif.
a.
Kategori baik yaitu menjawab benar 76%-100%
dari yang diharapkan
b.
Kategori cukup yaitu menjawab benar 56%-75%
dari yang diharapkan.
c.
Kategori kurang yaitu menjawab benar
<56% dari yang diharapkan.
Sumber :
http://ninayulianti11.blogspot.com/2013/01/pengetahuan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar